Rabu, 03 Desember 2014

Hydrotherapy pada Ibu Hamil

Spa merupakan system perawatan dengan air atau yang disebut hydrotherapy. Spa merupakan suatu metode pengobatan yang dikenal sejak jaman Mesir Kuno. Hidroterapi (hydrotherapy), yang sebelumnya dikenal sebagai hidropati (hydropathy), adalah metode pengobatan menggunakan air untuk mengobati penyakit atau meringankan kondisi yang menyakitkan.
Di Indonesia, Spa sudah dikenal sejak dahulu, itu terbukti dengan adanya beberapa pemandian seperti Taman Sari di Yogyakarta dan Tirta Gangga di Bali. Juga dengan adanya relief-relief yg terdapat pada candi Borobudur, Prambanan dan lainnya yang merupakan bukti otentik bahwa pengobatan dengan metode air ini juga merupakan rangkaian pengobatan tradisional yg dikenal oleh nenek moyang dan merupakan warisan leluhur.


Spa pada saat ibu hamil


Pada saat hamil seringkali seorang ibu mengalami stress, terutama pada kehamilan anak pertama. Perubahan fisik biasanya menjadi pemicu utama. Padahal seorang ibu hamil dianjurkan untuk menghindari stress dan depresi karena akan berdampak buruk pada janin.



Menikmati perawatan Spa memang bisa menyegarkan tubuh dan perasaan menjadi lebih rileks serta membuat tubuh, pikiran dan jiwa menjadi nyaman. Juga efektif untuk mengurangi sakit punggung, melancarkan peredaran darah, serta mengurangi bengkak dan kram pada kaki.

Namun saat berbadan dua, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Karena sifatnya yang menaikkan temperatur tubuh pada umumnya, ada beberapa perawatan Spa yang tidak cukup aman dilakukan saat hamil, seperti berendam air panas, mandi lumpur, body wrap (membungkus tubuh yang biasanya digunakan pada pelangsingan), sauna dan steam ataupun metode yang lain. Jenis perawatan tersebut dapat membuat tubuh kehilangan cairan (dehidrasi), kondisi ini dapat membahayakan janin yang sedang berkembang, terutama pada trimester pertama.

Perawatan Spa bisa dilakukan ibu hamil saat kehamilan memasuki trimester kedua. Akan tetapi ada beberapa hal penting yang harus dilakukan sebelum melakukan perawatan Spa, yaitu berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter kandungan apakah memungkinkan untuk melakukan Spa atau ikut dalam program kebugaran. Karena dokter kandungan anda yg paling tahu kondisi anda saat hamil.

Biasanya dokter akan melarang ibu hamil melakukan perawatan karena alasan medis seperti keguguran berulang, mual dan muntah berlebih, bengkak berlebih, ruam kulit, nyeri perut, flek (spotting) atau pendarahan, keputihan, demam dan tekanan darah tinggi.

Setelah dokter memberikan ijin untuk melakukan perawatan Spa, anda bisa mendatangi Spa khusus untuk ibu hamil. Karena menjadi terapis untuk ibu hamil harus mendapatkan training terlebih dahulu dari dokter obstetri dan ginekolog sebelum diperbolehkan melakukan terapi.



Hydrotherapy sebelum Melahirkan Secara Normal

Persalinan bisa jadi memberikan banyak tekanan pada seorang wanita. Meskipun sudah bersiap-siap untuk momen yang satu ini, wajar apabila seorang wanita merasa takut, panic, maupun khawatir ketika persalinan tiba. Terlebih ketika persalinan dilakukan dengan cara melahirkan normal atau tanpa menggunakan obat bius.
Maka dari itu, banyak wanita yang mencoba untuk mencari cara untuk menenangkan diri sebelum proses persalinan tiba. Salah satu metode penenangan yang sangat efektif untuk dilakukan oleh seorang wanita sebelum persalinan adalah dengan menggunakan hydrotherapy.
Hydrotherapy adalah sebuah terapi yang dilakukan menggunakan air untuk menenangkan tubuh dan pikiran serta membawa diri anda memasuki keadaan yang jauh lebih relaks. Berendam air panas dengan sabun busa aromatherapy adalah metode paling mudah untuk memperoleh relaksasi selama kehamilan, Ibu.
Untuk mengakomodasi ukuran perut yang semakin membesar, mempersiapkan bak air panas yang lebih besar atau Jacuzzi adalah langkah yang tepat bila anda ingin mendapatkan ketenangan dan relaksasi yang anda butuhkan.
Hydrotherapy, seperti halnya metode-metode relaksasi lainnya, bertujuan untuk membantu anda mendapatkan rasa tenang. Ketika anda merasa lebih tenang, anda akan bisa menghadapi proses persalinan dengan kendali diri yang lebih baik.
Menurut babycenter.com, meskipun tergolong mudah, hydrotherapy sangatlah efektif untuk memberikan anda apa yang anda butuhkan selama persalinan, Ibu, yaitu ketenangan dan rasa relaks untuk menghadapi momen persalinan.


Cara Kerja Hidroterapi

Ketika tubuh sedang stres atau sakit, perubahan kimia terjadi yang mengakibatkan denyut nadi dan tekanan darah meningkat. Telah diamati bahwa hidroterapi mampu meringankan kondisi tersebut dengan mengurangi tingkat stres dan memperbaiki pembengkakan sendi.
Hal ini pada gilirannya membantu individu untuk santai yang selanjutnya membantu mengurangi rasa sakit. Hidroterapi mengurangi rasa sakit dengan merangsang produksi endorfin, yang merupakan zat kimia saraf yang memiliki sifat analgesik.
Terapi ini juga membantu meningkatkan sirkulasi darah dengan memperlebar pembuluh darah sehingga lebih banyak oksigen dipasok ke jaringan yang mengalami pembengkakan. Perbaikan sirkulasi darah juga memperlancar sirkulasi getah bening sehingga membersihkan tubuh dari racun.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar