Rabu, 03 Desember 2014

Hydrotherapy pada Muskuloskeletal

Hidroterapi digunakan sebagai suatu teknik fisioterapi untuk orang-orang yang baru pulih dari luka serius yang menimbulkan kerusakan otot. Selain itu, hodroterapi cocok digunakan untuk pasien yang memiliki persoalan di persendiannya dan mereka yang memiliki ketidak mampuan fisik yang parah. Banyak rumah sakit yang menawarkan pilihan kelahiran air kepada para calon ibu dan metode persalinan seperti ini telah menjadi semakin popular. Hidroterapi bisa diberikan dalam bentuk pengobatan untuk kondisi-kondisi medis lain dalam naturopati, dengan menggunakan teknik-teknik yang dikemukakan diatas. Sebaiknya pasien mencari nasihat medis sebelum menjalani hidroterapi dan teritama sangat penting bagi orang-orang setengah baya, anak-anak, dan mereka yang mengidap sakit atau kondisi yang serius.



Gambar Hydrotherapy Muskuloskeletal


Teknik hydroterapi pada muskuloskeletal adalah dengan air panas dan air dingin.   
·        
      Mandi Air Panas

   Mandi air panas digunakan untuk meredakan nyeri persendian dan otot, dan peradangan. Untuk membantu penyembuhan lika-luka kecil atau beberapa kondisi kulit bisa diterapkan mandi air panas atau hangat dengan ditaburi berbagai zat seperti ekstrak rumput kedalam air tersebut. Setelah persalinan, untuk menyembuhkan robekan kulit seringkali dianjurkan untuk sering mandi air hangat yang tyelah diberi antiseptic dengan jumlah secukupnya. 


    Kebanyakan kita mengetahui manfaat mandi air hangat, yakni menciptakan rasa santai. Mandi air hangat bersuhu antara 36,5oC dan 40 oC (98 oF dan 104 oF) sangat bermanfaat sebagai alat relaksasi otot. Sebagai permulaan, lima menit berendam dalam air panas suhu setinggi itu kiranya sudah cukup. Selanjutnya lama perendaman di perlama menjadi sepuluh menit sehari, selama tidak muncul perasaan lemah dan pusing.perlu diketahui mandi air hangat sekejap ternyata memiliki efek yang cukup berbeda denagn mandi air hangat yang agak lama.
   

    Tidak ada manfaat yang bisa dipetik dengan memperlama mandi air hangat. Berendam dalam air hangat tidak hanya bermanfaat bagi saraf-saraf permukaan melainkan juga bagi sistem saraf otonomis (yang normalnya berasal di luar kendali kita) maupun kelenjar-kelenjar penghasil hormon, terutama adrenal menjadi kurang aktif. Mandinya diperlama dengan cara berendam akan memiliki efek yang berlawanan.





Mandi Air Dingin




Mandi air dingin bermanfaat memperbaiki aliran darah ke organ-organ dan jaringan-jaringan internal dan juga mengurangi pembengkakan. Pasien bisa duduk sebentar di iar dingin yang dangkal saja dan memberi air tambahan yang dipercik-percikkan kekulit yang ingin disembuhkan. Bagian yang bengkakdan terasa nyeri bisa direndam di air dingin untuk mengurangi pembengkakannya. Si pasien jangan sampai kedinginan dan bentuk pengobatan semacam ini paling cocok untuk mereka yang masih mampu mengeringkan badannya sendiri dengan cepat menggunakan handuk hangat. Terapi dengan mandi air dingin ini tidak sebaiknya dilakukan pada orang yang mengalami kondisi sakit yang serius atau anak yang masih sangat kecil atau orang yang sudah setengah baya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar